Fakta Menarik Tentang Makanan

8 Resep Olahan Beras Ketan Lezat, Bisa Dibuat Dengan Mudah

Resep Olahan Beras Ketan Lezat

Resep Olahan Beras Ketan Lezat, Bisa Dibuat Dengan Mudah – Beras ketan adalah salah satu bahan makanan populer yang sering digunakan dan diolah menjadi berbagai hidangan. Terlebih di Indonesia, beras ketan sejak dulu telah menjadi makanan tradisional dan masih lestari hingga kini.

Penggemar makanan olahan depo 25 bonus 25 to kecil yang terbuat dari beras ketan tak hanya berasal dari kalangan orang dewasa saja, karena banyak anak muda dan bahkan anak-anak kecil juga menggemarinya. Beras ketan juga tergolong mengenyangkan, sehingga banyak yang memilih untuk mengonsumsi makanan ringan dari beras ketan jika sedang terburu-buru.

Resep Olahan Beras Ketan Lezat

Selain diolah menjadi makanan utama seperti nasi kuning, nasi uduk, dan bubur, ketan juga populer diolah menjadi makanan ringan atau jajanan pasar. Sebut saja lemper, lupis, semar mendem dan masih lagi jajanan tradisional yang dibuat dengan bahan dasar ketan.
Dalam kehidupan sehari-hari, beras ketan memang tidak selalu digunakan seperti beras padi. Beras gurih tersebut lebih sering diolah jadi kudapan. Beras ketan bisa membuat cita rasa masakan menjadi lebih gurih dan legit. Di antaranya seperti beberapa jajanan tradisional khas Indonesia yang terbuat dari beras ketan berikut ini.

Beras ketan punya butir opak dan kadar amilosa yang sangat rendah dan kadar amilopektin yang tinggi. Beras ketan punya beragam warna, mulai dari putih, merah, hingga hitam, ketiganya punya berbagai slot manfaatnya untuk kehidupan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah jenis-jenis makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari beras ketan, di antaranya:

Makanan Tradisional Indonesia yang Terbuat dari Beras Ketan

1. Jadah: makanan yang terbuat dari beras ketan yang ditumbuk ditambah santan.

2. Semar Mendem: sajian mirip lemper yang dibungkus menggunakan dadar telur dicampur tepung terigu.

3. Lupis: makanan tradisional terbuat dari beras ketan yang dimasak lalu dibungkus menggunakan daun pisang.

4. Lemper: lemper adalah sebuah makanan tradisional yang dibentuk sukuran genggaman tangan yang dibungkus dengan daun pisang dengan aroma yang khas.

5. Wajik: makanan ini terbuat dari beras ketan, gula, dan santan kelapa lalu dikukus dan dipotong menjadi bentuk belah ketupat.

6. Ketan Sarikaya: kue tradisional ini terbuat dari ketan kukus dan adonan srikaya yang dicampur dengan gula merah.

7. Rengginang: camilan yang terbuat dari beras ketan yang sudah dikeringkan, punya rasa gurih dan tekstur yang renyah.

8. Tape Ketan: terbuat dari nasi ketan yang difermentasi menggunakan ragi.

9. Madumongso: makanan ini terbuat dari ketan hitam, punya cita rasa asam dan manis.

10. Lepet: terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan kacang, dimasak menggunakan santan dan dibungkus menggunakan daun janur.

Exit mobile version