Fakta Menarik Tentang Makanan

Kuliner Makanan Khas Jawa Barat yang Harus Di Cicipi

Kuliner Jawa Barat

Makanan khas Jawa Barat menjadi keliru satu kekuatan tarik bagi wisatawan. Ada banyak makanan khas Jawa Barat yang sudah populer dan digemari banyak kalangan di Indonesia. Jika berkunjung ke wilayah Jawa Barat, baiknya jangan sampai membebaskan wisata kuliner dan pastikan untuk mencicipi makanan khas Jawa Barat.
Tidak lupa termasuk untuk mempunyai pulang keluaran sgp makanan khas Jawa Barat sebagai oleh-oleh untuk rekan dan keluarga. Dikutip dari laman Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, berikut beberapa makanan khas Jawa Barat yang kudu dicoba.

Kuliner Jawa Khas Barat

1. Tahu Sumedang

Tahu Sumedang sebetulnya mempunyai bahan dasar dan wujud yang sama bersama memahami pada umumnya. Namun, memahami Sumedang mempunyai rasa yang asin dan lebih gurih. Tahu Sumedang termasuk diberi isian dan digoreng kering sampai renyah sementara digigit.

Tahu Sumedang biasa dinikmati sementara masih hangat bersama potongan cabai rawit. Tahu Sumedang mampu bersama ringan ditemui disekitaran jalan dan tempat-tempat wisata.

2. Nasi Timbel

Nasi Timbel adalah nasi yang dikukus dan dibungkus manfaatkan daun pisang. Nasi timbel biasa disajikan bersama sayur dan lauk pauk lainnya.

Biasanya nasi timbel disandingkan bersama seekor ikan goreng disempurnakan memahami dan tempe sebagai pelengkap. Tak cuma itu, nasi timbel termasuk mampu dinikmati bersama ayam bakar, ayam goreng, sampai ikan asin. Nasi timbel sangat tepat disantap sementara masih hangat

3. Lotek

Sekilas, sementara melihat lotek tentu dapat nampak sama bersama nasi pecel yang berasal dari Jawa Timur. Namun, jikalau anda menyimak bersama lebih seksama, maka dapat tersedia beberapa perbedaan yang mampu ditemukan. Diantaranya yakni di dalam bumbunya lotis manfaatkan bawang putih dan terasi, lalu sayuran di dalam lotis diulek sejalan bersama bumbu kacang, dan termasuk lotis kebanyakan manfaatkan bala-bala sebagai pelengkap.

4. Batagor

Bakso dan memahami sepenuhnya digoreng sampai kering dan renyah lalu disiram manfaatkan sambal yang terbuat dari kacang, gula jawa, dan bumbu pelengkap lainnya. Jika menghendaki pedas, kebanyakan batagor termasuk disajikan sejalan bersama sambal terasi, terkecuali menghendaki manis mampu ditambahkan kecap, dan jikalau menghendaki menjadi asam fresh batagor mampu ditambahkan bersama perasan jeruk limau.

5. Geco

Makanan khas Jawa Barat yang pertama adalah Geco. Makanan ini merupakan sajian dari campuran tauge yang disiram bersama kuah tauco khas Kota Cianjur. Geco bercita rasa gurih, sedikit manis dan asam, dari hasil campuran bumbu fermentasi tersebut.
Tauco sendiri yakni bumbu hasil fermentasi kacang kedelai yang dicampur bersama berbagai macam rempah. Geco sekilas sama kupat tahu, kenakan tambahan dua bahan dari hasil fermentasi, yakni tauco dan cuka lahang yang merupakan hasil fermentasi dari air nira.

6. Sate Maranggi

Kuliner pertama yang kudu untuk dicoba adalah masakan olahan yang kudu lewat sejumlah proses pengungkepan atau perendaman dan tidak serupa dari sate pada umumnya.

Sate Maranggi ini menjadi keliru satu makanan tradisional asal Indonesia yang banyak ditemukan di Cianjur, Purwakarta, sampai kawasan Subang.

Mungkin makanan khas Jawa Barat ini sudah tak asing lagi di telinga, lebih-lebih bagi penduduk Jawa Barat. Makanan ini berbahan dasar seekor ayam kampung yang diberi bumbu sebeluim dipanggang di atas bara api. Proses pemangganganya pun perlu sementara memadai lama.  Kabupaten Purwakarta menjadi sentra bersama makanan khas ini. Tak heran saat berkunjung ke Purwakarta banyak menjumpai pedagang yang menjajakan bakakak, jikalau di selama Jalan Raya Plered menuju Waduk Cirata.

Lotek

Sejenis gado-gado, lotek terdiri dari sayuran fresh seperti kacang panjang, tauge, mentimun, daun kemangi, dan bumbu kacang yang khas.

Exit mobile version