Cara Membuat Rengginang yang Gurih dan Renyah – Rengginang merupakan jenis kerupuk tradisional favorit masyarakat Indonesia. Rasanya yang enak, gurih dan renyah. Membuat rengginang cocok dijadikan pelengkap aneka menu masakan. Cara bikin rengginang yang renyah cukup praktis dan mudah dilakukan.

Rengginan sendiri terbaut dari nasi atau beras ketan. Sebelum digoreng, biasanya nasi dijemur terlebih dahulu di bawah sinar matahari sampai mengeras. Berbeda dari jenis kerupuk lainnya, rengginan terbuat dari nasi utuh, sehingga ketika digoreng nasi tersebut akan membesar.

Selain gurih dan renyah, bahan pembuatan rengginang juga mudah di dapatkan di pasaran. Bagi anda yang ingin menikmati cita rasa khas rengginang, dapat membuatnya sendiri di rumah. Berikut cara membuat rengginang yang gurih dan renyah.

Berikut Cara Membuat Rengginang

Rengginang Terasi

Bahan:

  • 500 gram beras ketan
  • Terasi secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa

Cara membuat:

  1. Cuci bersih beras ketan. Rendam beras ketan minimal 2-5 jam.
  2. Setelah itu, tiriskan ketan lalu diaron masak setengah matang.
  3. Setelah air meresap, matikan kompor. Masukan terasi secukupnya, garam, penyedap rasa, aduk sampai rata.
  4. Kukus kurang lebih 30 menit.
  5. Setelah matang, ratakan menggunakan tusuk sate.
  6. Jemur di bawah matahari terik 1-2 hari sampai benar-benar kering.
  7. Goreng dengan minyak panas.

Baca Juga: Cara Membuat Makanan Manis

Cara Bikin Rengginan Enak dan Renyah

Bahan:

  • 250 gram beras ketan
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sendok teh terasi bakar, haluskan

Cara membuat:

  1. Rendam beras ketan kira-kira selama 30 menit. Jika sudah, angkat lalu tiriskan.
  2. Siapkan panci untuk mengukus ketan yang sudah ditiriskan. Kukus beras ketan kira-kira selama 15 menit. Jika sudah, angkat beras ketan dan sisihkan sebentar.
  3. Di panci berbeda, rebus air dan tambahkan garam, bawang putih serta terasi. Rebus semua bahan ini hingga larut dan air mendidih.
  4. Ketika air sudah mendidih, masukkan beras ketan ke dalam panci dan rebus sebentar sambil diaduk hingga air asat (cukup kering).
  5. Selanjutnya, kukus lagi beras ketan yang telah direbus hingga matang dan ketan empuk. Jika sudah, angkat dan cetak ke dalam loyang.
  6. Kamu bisa mencetak rengginang dengan bentuk bulat, kotak atau segitiga dan sesuai selera.
  7. Jemur rengginang di bawah sinar matahari langsung hingga kering. Biasanya, bila matahari terik rengginang ini bisa kering hanya dalam satu hari saja.
  8. Jika rengginan sudah kering dan suhunya dingin, kamu bisa menggorengnya. Goreng rengginan hingga warnanya kuning kecoklatan dan sajikan untuk keluarga tercinta.